Apakah blog ini bermanfaat?

Tuesday 27 January 2015

KASIAT SAYURAN



SELADA

Kerap disebut lettuce, berasal dari mediteranian timur dan asia barat. Selada termasuk sayuran berharga mahal dan hanya disajikan dalam menu makanan tertentu, seperti sandwich, campuran dalam hamburger, dan salad. Pada umur 30 - 35 hari sesudah tanam, selada sudah bisa di panen. Sayuran ini baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi, dan penuan dini. Selain itu, selada mengandung vitamin kompleks untuk mempertahankan kesehatan rambut, kuku,dan kulit. Kandungan seratnya sangat tinggi juga dapat mencegah sembelit. Beberapa jenis lettuce yang umum di tanam antara lain head lettuce, butterhead lettuce, leaf lettuce, romain lettuce dan celcute.
SELADA MENGANDUNG zat besi, betakaroten, vitamin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.



Selada mentah kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Vitamin ini membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit dan membantu mempertahankan penglihatan. Zat zeaxanthin dalam selada yang terserap oleh makula lutea pada retina mata, juga menjaga fungsi penglihatan di usia senja dan mencegah katarak. Komponen antioksidan lengkap yang terkandung dalam selada, misalnya, berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun. Selada juga sangat disarankan bagi perokok. Karena asupan selada terbukti dapat melindungi paru-paru dari zat karsinogenik dalam tembakau maupun asap rokok.

Penelitian membuktikan, selada air juga berkhasiat menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan. Hal ini karena ketika dikunyah, selada melepaskan kandungan PEITC (phenethyl isothiocynate), agen kemopreventif pelawan kanker paru.

Selada mengandung folat dan vitamin C sehingga disarankan untuk ibu hamil. Folates mencegah komplikasi pada janin, selain meningkatkan kesehatan reproduksi. Sedang vitamin C bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Selada juga kaya akan berbagai jenis mineral, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, dan potasium yang meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

Kalium merupakan vascodilutor penting yang membantu menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung melalui pengaturan cairan tubuh. Sedang kalsium membantu memperkuat gigi dan tulang; sementara tembaga dan besi membantu dalam produksi sel darah merah dalam tubuh

No comments:

Post a Comment