Apakah blog ini bermanfaat?

Thursday 29 January 2015

Alat pernafasan manusia

Alat pernafasan manusia




Berikut adalah bagian - bagian organ alat pernafasan manusia.

Hidung ( cavum nasalis )
      
  Selain sebagai salah satu organ alat pernafasan manusia, hidung juga berfungsi sebagai salah satu dari 5 indra. Hidung berfungsi sebagai alat untuk menghirup udara, penyaring udara yang akan masuk ke paru - paru, sebagai indra penciuman.

Tekak ( faring )

 Faring merupakan persimpangan antara rongga hidung ke tenggorokan ( saluran pernafasan ) dan rongga mulut ke kerongkongan ( saluran pencernaan ). Pada bagian belakang faring terdapat laring. Laring disebut pula pangkal tenggorokan. Pada laring terdapat pita suara dan epiglotis atau katup pangkal tenggorokan. Pada waktu menelan makanan epiglotis menutupi laring sehingga makanan tidak masuk kedalam tenggorokan. Sebaliknya pada waktu bernafas epiglotis akan membuka sehingga udara masuk ke dalam laring kemudian menuju tenggorokan.


Tenggorokan ( Trakea )

  Tenggorokan berbentuk seperti pipa dengan panjang kurang lebih 10 cm. Di paru - paru trakea bercabang dua mèmbentuk bronkus.

Cabang tenggorokan ( Bronkus )

   Bronkus merupakan cabang tenggorokan. Jumlahnya sepasang yang satu menuju paru - paru kanan dan yang satu menuju paru - paru kiri. Bronkus yang ke arah kiri lebih panjang, sempit, dan mendatar daripada yang kanan. Hal inilah yang mengakibatkan paru - paru kanan lebih mudah terkena penyakit. Struktur dinding bronkus hampir sama dengan trakea. Perbedaan dinding trakea lebih tebal dari pada dinding bronkus. Bronkus akan bercabang menjadi bronkiolus. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkiolus.

Bronkiolus

   Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus. Bronkiolus bercabang - cabang menjadi saluran yang semakin halus, kecil, dan dindingnya semakin tipis. Bronkiolus tidak mempunyai tulang rawan tetapi rongganya bersilia. Setiap bronkiolus bermuara ke alveolus.

Alveolus

    Bronkiolus bermuara pada alveol, struktur berbentuk bola - bola mungil yang diliputi oleh pembuluh - pembuluh darah. Epitel pipih yang melapisi alveoli memudahkan darah di dalam kapiler - kapiler darah mengikat oksigen dan udara dalam rongga alveolus.

Paru - paru

     Paru - paru terletak di dalam rongga dada. Rongga dada dan perut dibatsi oleh suatu sekat yang disebut diafragma. Paru - paru ada dua buah yaitu paru - paru kanan dan kiri. Paru - paru kanan terdiri dari lobus. Paru - paru diselimuti oleh suatu selaput paru - paru ( pleura ). Kapasitas meksimal paru - paru berkisar sekitar 3,5 liter.
         



No comments:

Post a Comment